Jumat, 17 Oktober 2008

Empat Kecamatan Rawan Puting Beliung

BANYUWANGI - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) meminta masyarakat Banyuwangi sekitarnya lebih tanggap bahaya alam. Kondisi cuaca diperkirakan kurang bersahabat memasuki musim peralihan kemarau ke musim hujan tahun ini.Potensi cuaca buruk yang dapat menjadi ancaman bagi masyarakat adalah gangguan angin kencang. Angin puting beliung menjadi ancaman yang serius yang perlu diwaspadai. Potensi fenomena alam tersebut berpeluang terjadi di wilayah Kecamatan Rogojampi, Kecamatan Wongsorejo, Kecamatan Gambiran dan Kecamatan Glenmore.Kepala Teknis Satsiun Meteorologi Banyuwangi, Mawardi mengatakan, musim peralihan angin puting beliung biasanya selalu menjadi ancaman. Karena selama periode peralihan, perubahan temperatur dan tekanan udara bisa memicu munculnya angin kencang.Sementara itu, posisi matahari saat ini berada di selatan garis katulistiwa. Kondisi ini menyebabkan penguapan lebih besar. Suhu meningkat dan kelembapan udara juga turut terkatrol.Situasi ini berpeluang menciptakan awan cumulus nimbus (cb). Awan jenis ini bisa jadi cikal bakal angin puting beliung. Arah angin cenderung berubah dan hujan dengan intesitas tinggi sangat berpeluang terjadi.Menurut Mawardi, kondisi geografis empat kecamatan itu cukup mendukung terjadinya angin puyuh. Posisi lahan yang relatif lapang dan luas, bisa mengakibatkan angin kencang menjadi berbahaya.Meski begitu, Mawardi meminta agar masyarakat tidak panik. Namun warga diminta juga antisipasi atas kemungkinan terburuk. Salah satu langkah antisipasi adalah membersihkan saluran air, memangkas dahan pohon, dan menghindari bibir pantai. "Jangan panik dulu. Yang penting langkah preventif untuk penyelamatan itu perlu dilakukan," sarannya.Sementara itu cuaca kota gandrung dalam beberapa hari ke depan diprediksi cerah berawan disertai hujan lokal. Suhu udara berkisar 26,6 derajat celclius sampai 33,8 dejarat celcius. Kecepatan angin berkisar antara 5 km hingga 45 km per jam. Tinggi gelombang di Selat Bali mencapai 0,8 hingga 2 meter. Sedangkan di Samudera Indonesia, ketinggian ombak mencapai 0,8 hingga 2,5 meter. (nic/bay)

2 komentar:

  1. ass wr wb
    maz beritane memang apikk
    maz iwan iku memang pinter,baek, ga' sombong,n ..........ez akehh
    tapi stu hal yang harus maz iwan ingett
    kebaikan maz iwan ga' pernah aku lpa
    n sebenere aku sdah lama ta' empet hal neyy
    sdah 5 kalii aku dipuji ma mz wann
    n aku ga' pernah marah tau pun apa ??
    cuma satu maz maz yang aku sampaikan kesabaran 2 da batasnya
    N ianget akuuu
    dah ga' mo dipuji lagii
    aku sebenere ga' ngerti namanya virus komputre, spyware, n lain22nya
    n aku ga' tw gmn cara bwt n ngrusak komputer...
    n low pun bisa akupun g' bakaln ngurak pux sekolahhhhhhh
    cz ga' da untungyaa
    wz 2 az mnkn aku ga' pantes bcra g2 ma maz cz aku dip[uji gney krn aku mnk harz dpz
    y sebabe aku nak ga' pux kleee
    wassal;amm

    BalasHapus
  2. 1 hall
    makasih taz semua pujiannya]

    BalasHapus

He lare kadung riko duwe komentar nang isun ojo sungkan-sungkan tulisen paran anane baen ya !