Senin, 01 September 2008

Perokok (Indonesia) adalah orang buta huruf

Pernahkah anda melihat gambar seperti di bawah ini?

image image

Saya yakin semuanya pernah melihat tanda atau tulisan seperti gambar-gambar yang saya muat di sini.

Dengan cukup besar dan jelas, ada tanda dilarang merokok. Namun apa lacur, di Indonesia, walaupun sudah jelas ada tanda seperti di atas, nampaknya masih saja dilanggar oleh banyak perokok di Indonesia.

Cobalah anda tengok di Ruang Tunggu Bandara Sukarno Hatta (yang ada di dalam). Sudah jelas di sana ruang berAC, kemudian ada tanda dilarang merokok di mana-mana, dan beberapa meter di dekat pintu ruang tinggu sekali lagi dipasang tanda dilarang merokok. Tapi yang bikin uaneh bin uajaib, justru para perokok merokok di sekitar tanda larangan tersebut. Dan wajah mereka tiada sama sekali menunjukkan rasa bersalah.

Pekan lalu, ketika saya makan di salah satu rumah makan franchise dengan kawan saya, keajadiannya pun sama. Jelas di dalam restoran adalah berAC, ya masih saja nekat merokok. Padahal di belakang si perokok tersebut, tertera tanda dilarang merokok.

Di kampus di mana saya mengajar juga setali tiga uang. Para mahasiswa perokok pun seperti sudah kehilangan urat malu dan urat bacanya kali, merokok di bawah tanda dilarang merokok. Dari seluruh kampus universitas yang pernah saya kunjungi di Indonesia ini, hanya ada satu kampus yang benar-benar bebas rokok, yakni di Universitas Advent Indonesia. Selebihnya? Jangan harap!!!

Karena itulah saya berani menyimpulkan, bahwa banyak sekali perokok Indonesia yang mengalami “kebutaan huruf” dan “kebutaan tanda” sesaat, atau mata mereka sudah dibutakan (bahasa jawanya : DADI PICEK!!! - maaf kalau bahasanya terlalu kasar) ketika mereka merokok. Benar-benar stupid, sudah tahu ada tanda dilarang merokok, sudah tahu mereka berada di ruang berAC, tapi tanpa malu-malu pasang aksi dengan merokok. Memang merokok membikin anda para perokok jadi jago gitu? Benar-benar semprul kok orang-orang yang merokok sembarang tempat, tidak mengindahkan larangan dan hak orang lain mendapatkan udara yang sehat.

Buat para wanita yang hendak menikah dengan calon suami perokok, sebelum anda memutuskan menikah dengan mereka, tes dulu ketahanan mental anda dengan mencium asbak yang habis dipenuhi abu rokok. Cium dulu dalam-dalam, kira-kira begitulah rasanya bibir para perokok … he…he…

Jadi masih ada yang menganggap perokok itu pintar? Nyatanya ndak gitu kok, pada buta huruf semua (untuk mengatakan buanyak sekali, alias sebagian besar), karena ndak ada yang bisa membaca tanda dengan baik. ROKOK = MARAI BODO [Bikin bodoh]

image

Images are courtesy of:

  1. http://lovecreative.typepad.com/love/images/2007/06/20/nosmoking.png
  2. http://flickr.com/photos/70604526@N00/2132161232/
  3. http://galih666.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

He lare kadung riko duwe komentar nang isun ojo sungkan-sungkan tulisen paran anane baen ya !