Kamis, 04 September 2008

Wisata Alam di Banyuwangi

Pantai Grajagan

ImageGrajagan merupakan pantai yang menarik untuk dikunjungi. Pantainya luas diselimuti oleh pasir bersih. Di seberang pantai, bukit yang gagah terhunjam ke burni dengan kuatnya. Pemandangan kampung nelayan menambah pesona Grajagan. Gua pertahanan jaman jepang juga bisa dinikmati. Cottage dan motel tersedia di tempat wisata ini. Grajagan terletak kira-kira 53 km ke arah selatan dari Banyuwangi.



Sadengan

ImageSadengan merupakan tempat binatang-binatang Taman Nasional Alas Purwo merumput makanan segar. Para pengunjung dapat melihat binatang-binatang liar seperti banteng, menjangan, babi liar, burung merak, unggas hutan, dan beraneka ragam burung. Para pengunjung dapat melihat binatang-binatang liar yang sedang merumput di pagi hari dan sore hari dari tower pengintai.



Perkebunan Treblasala dan Air Terjun 27 Tingkat

ImagePerkebunan ini terletak di Kecamatan Glenmore. Dari Glenmore kira-kira 16 km ke arah selatan. Kopi dan coklat merupakan tanaman utama di perkebunan ini. Di tengah perjalanan di perbatasan antara Sungai Lembu dan Treblasala terdapat air terjun 27 tingkat. Air jernih dari atas tebing di kesunyian hutan.



Paltuding ( 1850 mdpl )

Merupakan pos terkhir tempat pemberhentian kendaraan dan persiapan pendakian ke gunung. Paltuding juga merupakan batas dua kabupaten yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso; dimana batas tersebut berupa jalan setapak dari Paltuding ke Dam Kawah Ijen. Selain terdapat sarana dan prasarana untuk berwisata, seperti bumi perkemahan, pesanggrahandan kantin. Dari Paltuding bisa dilihat pemandangan fenomena gunung-gunung disekitarnya yang cukup indah, antara lain : G. Merapi ( 2800 mdpl ), G. Ijen ( 2386 mdpl ), G. Widodaren ( 2000 mdpl ), G. Papak ( 2099 m dpl ) dan G. Ranti ( 2664 m dpl ).


Pondok Bunder /Pondok Pengairan ( 2214 mdpl )

Dibangun pada masa Pemerintahan Hindia Belanda, berbentuk setengah lingkaran atau yang dalam Bahasa Jawa disebut bunder sehingga dinamakan Pondok Bunder. Fungsi utamanya untuk mengukur curah hujan. Lingkunganya sejuk dengan pemandangan kalder Pegunungan Ijen Raksasa ( G. Raung, G. Rantai, G. Suket, G. Papak ) dan area bird watching. Dibangun tahun 1920 sebagia basecamp pegawai pengairan yang mengelola Dam Ijen. Terkhir kali air kawah mengalir melewati Dam tahun 1976, sejak itu air semakin menyusut. Dan sejak tahun 1979 air kawah tidak lagi mencapai dasar Dam. Pada Bulan Juli - September dapat dilihat pesona hamparan Bunga " Edellwies". Pondok Bunder berjarak ± 2 km dari pos Paltuding ( ± 1 jam jalan kaki ).


Teluk Banyubiru ( Slenggrong )

Kawasan ini ditandai oleh suatu cekungan pantai yang menjorok ke daratan dan air yang biru dan tenang. Lutung Jawa dan Elang laut dapat menjadi selingan menarik saat beristirahat di sepanjang pantainya yang ditumbuhi oleh lamun ( rumput laut ). Dibagian tengah, terdapat sungai ( sunglon ). Disepanjang kanan - kiri pantai dilatari laut lepas yang dihiasi oleh bagang - bagang nelayan dan merupakan areal budidaya kerang mutiara PT. Disthi Mutiara Suci.


Perpat

Terletak ± 5 - 10 km di selatan Kayu Aking, bisa dijangkau dari Muncar lewat laut dengan memakai perahu selama ± 2 jam. Area ini ditandai dengan adanya Pohon Perpat ( Bruguiera sp ) yang termasuk dalam kelompok Mangrove. Dengan terumbu karang yang masih relatif utuh, Pantai Perpat dapat dijadikan sebagai lokasi snorkling atau diving yang menantang. Sering dijumpai kelompok lumba -lumba yang berenang berkelompok dan berputar - putar di perairan untuk mencari makan.



Sumber : Banyuwangikab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

He lare kadung riko duwe komentar nang isun ojo sungkan-sungkan tulisen paran anane baen ya !